Serba Serbi Kabel Tegangan Tinggi

Salah satu kabel bertegangan tinggi adalah kabel busi. Kabel yang memiliki tegangan tinggi tidak boleh dijadikan satu, karena kabel tersebut mengandung medan magnet yang apabila ada aliran listrik, kabel tersebut akan menyebabkan induksi dengan kabel yang ada di dekatnya.

Hal inilah yang disebut dengan mutual induction, yang berarti suatu kondisi tegangan cukup tinggi dan dapat menyebabkan percikan api yang dapat menimbulkan kebakaran. Untuk menghindarinya diperlukan kabel pemisah yang juga bertegangan tinggi yang dibuat mulai dari tutup distributor sampai ke busi.

Pada kabel busi yang ukurannya panjang, dibutuhkan pemisah jarak lebih dari satu yang jarak antara satu dengan lainnya kurang lebih 30 cm dengan kabel yang tidak berpotongan.
Itulah salah satu contoh dari kabel tegangan tinggi. Lalu seperti apa dan bagaimanakah kabel yang bertegangan tinggi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Pengertian 

Pada dasarnya, pengertian dari kabel yang memiliki tegangan tinggi adalah kabel yang dialiri tegangan listrik sebesar 15.000 volt – 30.000 volt. Kabel tersebut terdiri atas kabel tembaga yang diisolasi atau dibungkus dengan karet silikon.

Fungsi karet silikon pada kabel tersebut adalah sebagai isolator. Karena arus listrik yang mengalir sangat tinggi, oleh karena itu, karet silikon yang berfungsi sebagai isolator pun harus sangat tebal.

Cara Kerja 

Seperti contoh kabel busi diatas, demikian pula halnya kabel tegangan tinggi bekerja. Ketika listrik yang mengalir di sekitar kabel menimbulkan medan magnet, maka harus ada kabel yang terbuat dari serat karbon untuk mengatasi medan magnet yang besar itu. Hal ini agar tidak mengganggu gelombang radio yang ada.

Kabel-kabel yang bertegangan tinggi harus bisa mengalirkan listrik yang bertegangan tinggi juga tanpa adanya kebocoran. Itulah sebabnya mengapa penghantar listrik harus dibungkus atau dilapisi karet isolator yang tebal, karena fungsinya untuk mencegah kebocoran listrik terjadi pada arus listrik bertegangan tinggi.

Penggunaan Kabel Bertegangan Tinggi

Di beberapa negara yang sudah maju, umumnya penggunaan kabel tegangan tinggi dipasang pada saluran bawah tanah. Karena selain agar estetika dan tata letak di negara tersebut tidak terganggu, saluran transmisi udara juga sangat terbatas. Untuk itulah mengapa pemasangannya dilakukan di bawah tanah.

Selain di bawah tanah, ada juga negara yang menggunakan kabel bertegangan tinggi di bawah laut, seperti yang ada di negara kita Indonesia pada saluran transmisi Jawa – Bali. Hal ini efektif agar listrik tetap tersambung antar pulau satu ke pulau lain.

Istilah – istilah

Beberapa istilah yang harus Anda pahami dalam kabel bertegangan tinggi, antara lain adalah pertama, High-Tension Cord yaitu kabel bertegangan tinggi. Kedua, Core yaitu penghantar listrik. Ketiga, Rubber Insulator atau Isolator karet yaitu sama dengan isolator karet merupakan pencegah kebocoran arus listrik.

Keempat, Sheath adalah pembungkus. Kelima, Resistive Wire merupakan kabel pertahanan yang terbuat dari fiberglass yang dicampur dengan karbon dan karet sintetis, berfungsi sebagai penghantar untuk membuat peregangan kuat agar gangguan pada gelombang radio dapat teredam dengan baik.

Demikian beberapa ulasan tentang kabel tegangan tinggi murah yang patut Anda ketahui, semoga dapat dijadikan referensi dan informasi yang bermanfaat saat Anda akan membelinya di centralkabel.co.id.

HUBUNGI KAMI UNTUK PEMESANAN KABEL

Setiap produk kabel tegangan tinggi yang kami tawarkan selalu dapat terjamin kualitas serta originalitasnya