Pengertian, Fungsi, Jenis dan Konstruksi Kabel Tegangan Rendah

Pada dasarnya pengertian dari kabel adalah sebuah rakitan dalam sebuah penghantar, di mana setiap pintalannya dilindungi dengan isolasi atau sebuah pelindung yang menutupi keseluruhan bagiannya.

Pengertian 

Selain kabel tegangan tinggi ada juga kabel bertegangan rendah. Kabel ini terdiri dari penghantar, isolasi, lapisan pembungkus inti, pelindung mekanis dan selubung luar. Selain itu ada juga kabel dengan bentuk yang sederhana yang hanya terdiri dari penghantar dan isolasi.

Khusus kabel tegangan rendah, nominal tegangannya adalah 0,6 kilo volt per kilo volt yang artinya 0,6 kilo volt tegangan nominal terhadap tanah per 1 kilo volt tegangan nominal antar penghantar.

Fungsi Kabel Bertegangan Rendah

Kabel dengan jaringan tegangan rendah memiliki fungsi menyalurkan tenaga listrik yang ada di gardu distribusi PLN untuk disalurkan ke konsumen, agar konsumen mendapat arus listrik dengan tegangan rendah. Biasanya tegangan rendah yang digunakan PLN adalah sebesar 127/220 volt dan 220/380 volt.

Jenis – jenis Kabel Bertegangan Rendah

Pertama, kabel instalasi, kabel ini merupakan kabel yang digunakan untuk instalasi permanen, di mana terdiri dari kabel lampu (NYFA, NYFAZ, NYFAF, NYFAD), kabel rumah (NYAF dan NYA), dan kabel instalasi berselubung (NYM).

Kedua, kabel tanah, kabel ini merupakan  jenis kabel tegangan rendah yang khusus dibuat untuk pemasangan di dalam air, tanah dan permukaan tanah. Kabel ini memiliki spesifikasi tertentu seperti terdapat termoplastik tanpa perisai (NAYY dan NYY) dan termoplastik dengan perisai (NYFGbY dan NYRGby).

Jenis kabel ketiga adalah kabel fleksibel, di mana kabel ini terkenal akan kelenturannya, yang fungsinya sebagai penghubung perlengkapan listrik dengan sumber listrik yang ada seperti : NYZ, NYD, NLH, NMH, NLYZ, NYMHY, dan lain-lain.

Konstruksi Jaringan PLN untuk Kabel Bertegangan Rendah

Konstruksi jaringan khusus tegangan rendah yang biasa dilakukan PLN dikenal dengan sebutan jaringan tegangan rendah atau JTR, jaringan ini dibagi atas 2 bagian. Pertama, saluran udara tegangan rendah yang merupakan jaringan kawat yang tidak berisolasi dan berisolasi.

Jaringan kedua merupakan saluran kabel udara tegangan rendah, yang menggunakan kabel berasal dari jenis XLPE atau Low Voltage Twisted Cable. Jenis kabel ini yang kemudian biasa direntangkan antara tiang. Jenis kabel tegangan rendah ini juga banyak digunakan karena dianggap dapat membuat konstruksi jaringan menjadi lebih baik.

Ketiga, saluran kabel tanah tegangan rendah, konstruksi jaringan ini biasanya digunakan untuk bangunan-bangunan yang berada di lokasi yang ramai dan berbahaya, jika menggunakan hantaran udara. Oleh karena itu, dipilihlah saluran kabel tanah karena dinilai akan lebih aman digunakan pada konstruksi jaringan ini.

Demikian beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang kabel tegangan rendah dan tentunya jenis kabel ini bisa Anda dapatkan di toko jual kabel tegangan rendah centralkabel.co.id. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda dan menjadi bahan referensi Anda saat akan mencari kabel tegangan rendah yang Anda butuhkan. Terimakasih. 

HUBUNGI KAMI UNTUK PEMESANAN KABEL

Setiap produk kabel tegangan rendah yang kami tawarkan selalu dapat terjamin kualitas serta originalitasnya